Tour Patria : Pati-Jepara-Rembang

[ 2 ] Comments
Share

Bersamaan dengan liburan akhir tahun, DPC Patria Yogyakarta mengadakan tour ke Pati, Jepara dan Rembang pada tanggal 23-25 Desember 2012. Dengen diikuti 20 peserta, tour yang bertajuk MLAYU, mlaku-mlaku sinambi sinau (jalan-jalan sambil belajar) ini memang bertujuan untuk belajar, mendapatkan teladan dan inspirasi dari vihara-vihara serta umat yang dikunjunginya.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 7 jam dari Jogja, sampailah di wilayah Tayu, Kabupaten Pati. Setelah disambut oleh rekan pemuda buddhis Pati. Dengan dipandu, rombongan memulai tour kunjungan vihara, dimulai dari Vihara Dharma Santi, yang asri dnegan kebun rambutannya yang luas. Disambut oleh umat yang banyak memberikan sharing pengalaman di Vihara, kemudian berikutnya ke Vihara Asoka Maura. Vihara dua lantai yang terawat bersih. Di tempat ini, rombongan sempat beraudinesi dengan samanera dari STAB Kertarajasa Malang,  yang sedang bertugas pembinaan di wilayah tersebut.

Hari mulai senja, ketika melanjutkan perjalanan ke Vihara Bodhi Santi di desa Jugo yang sudah masuk wilayah Kabupaten Jepara. Perjalanan ke Vihara ini sempat tegang, karena kondisi jalan rusak, menanjak, dan kanan kiri sudah jurang yang dalam, apalagi hari sudah gelap. Di vihara Bodhi Santi, peserta tour mandi terlebih dahulu, sebelum kemudian disambut dengan minuman hangat serta makanan khas desa setempat. Dalam sharing di vihara ini, terungkap bagaimana upaya umat setempat, seperti mendirikan TK, serta berani “menanam” guru agama yang mengelola sekolah, serta membantu pembinaan vihara. Semua upaya itu sungguh sangat bermanfaat bagi kelangsungan Buddha Dhamma di wilayah tersebut.

Setelah selesai sharing, rombongan tour melanjutkan ke vihara Sima Kalingga, yang sudah ditunggu untuk makan malam. Acara selanjutnya adalah puja bakti yang dilanjutkan dengan sharing bersama pengurus vihara, serta remaja vihara. Rombongan menginap di vihara ini.

Paginya, setelah acara pelepasan, dilanjutan dnegan berwisata di pantai benteng Portugis. Puas dengan menikmati pemandanagan alam di sisini, langsung menuju ke Ratanavana Arama di Lasem Rembang. Setelah sempat istirahat makan siang, sampai juga rombongan di Vihara megah, eksostik, serta penuh dengan nuansa kedamaian di puncak gunung. Selain suasana vihara yang sangat mendukung upaya spiritual, peserta juga dibuat takjub dnegan pemandangan yang sangat indah dari puncak gunung ini.

Kegiatan di Vihara ini, melihat-lihat, melakukan puja, serta meditasi. Selain itu, dengan disambut langsung oleh Bhante Piyadhiro, peserta tour juga diajak memanen buah dondong dan rambutan dan pepaya oleh beliau. Malamnya, rombongan turun ke kota Rembang untuk melakukan puja bakti di Vihara Karuna Catra, yang kondisinya perlu perhatian lebih, mengingat ketiadaan generasi muda. Usai makan malam, rombongan pun kembali Ratanavana Arama untuk menginap disana.

Pagi, setelah puja bakti, makan pagi, rombongan tour kembali ke Jogja. Di perjalanan, sempat mampir ke Vihara watu Gong Semarang, untuk makan siang, serta melakukan puja. Setelah itu, kembali melanjutkan perjalanan pulang ke Jogja. Semoga, seperti tujuannya, tour ini membawa banyak pelajaran, terutama tentang kepedulian terhadap Vihara bagi generasi muda.

di Vihara Dharma Santi yang dikelilingi kebun rambutan

 

Foto bersama di Vihara Asoka Maura, Pati

di tangga Vihara Asoka Maura

Puja bakti di Vihara Sima Kalingga, Jepara

 

Foto di depan Sima Kalingga

 

menikmati keindahan pantai benteng portugis, Jepara

 

Puja di Vihara Karuna Cattra, Kota Rembang

 

Candi untuk Alm. Bhikkhu Sudhammo Mahathera, di Kompleks Ratanavana Arama, Lasem Rembang

 

di vihara Buddhagaya Watugong Semarang

 

 

2 Responses to Tour Patria : Pati-Jepara-Rembang

  1. Ervan Setiawan mengatakan:

    keren bisa tour ke berbagai vihara yang tersebar di daerah – daerah jarang di expose media.
    saran: sepertinya perlu di beri keterangan pada foto ketika kita membuka full size

  2. vekade mengatakan:

    terimakasih sdr Ervan Setiawan, berikutnya akan kami perbaiki untuk keterangan full size pict

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>